Advertisement

Pengalaman Ikut Webinar "Diet Ketogenik in Obesity" via Aplikasi GoToWebinar

Post Internship- Ikut WEBINAR KETOGENIC DIET


Webinar ini diadakan pada Kamis, 4 April 2019 pukul 12.00-13.00 WIB dengan narasumber Dr.dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, SpGK yang dimoderatori dr. Wina Sinaga, M.Gizi, Sp.GK. Pertama kali tahu ada fasilitas webinar ini dari instagram ICTEC (Indonesian Clinical Training & Education Training) RSCM FKUI, kemudian karena tertarik dengan bidang gizi dan tema yang sedang in "diet ketogenik" saya memutuskan untuk mendaftar lewat link http://bit.ly/ictecketo, kemudaian terkirim pada e-mail nominal pembayaran webinar dan tujuan bank transfer. Setela transfer, terdapat e-mail mengenai ID webinar dan password yang tidak boleh disebarkan ke siapapun. Karena aat hari H, hanya ada 1 gadget yang bisa terhubung. 
Pada hari H pelaksanaa webinar, Saya menggunakan aplikasi android "GoToWebinar", kemudian mengetikkan ID dan password. Sebelumnya ICTEC FKUI mensyaratkan untuk menjawab link pre tes, post test dan feedback agar bisa dikirimkan e-sertifikat yang ber SKP IDI. 

Webinar dengan tema yang sangat menarik ini dibawakan oleh Dr.dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, SpGK dengan sangat baik serta dimoderatori dr. Wina Sinaga, M.Gizi, Sp.GK dari Departemen Nutrisi FKUI-RSCM.

Sedikit ringkasan dari webinar "Ketogenic Diet in Obesity":
Tipe dari diet ketogenic ? Diantaranya classic ketogenic diet (4;1), modified atkins diet (1:1), MCT diet, low glycemic index diet
Berapa gram karbohidrat pada diet ketogenik ? Menurut Systematic review (2003), efikasi dan keamanan diet rendah karbohidrat untuk penurunan berat badan sekitar 0-263 g/hari. Pada diet ketogenic umumnya membatasi asupan karbohidrat <50 g/hari. Di mana peningkatan keton serum dan keton urin dilaporkan asupan karbohidrat antara 58-192 g/hari.
Cara kerja diet ketogenic ? Apabila intake karbohidrat <50g, protein dan lemak akan dibakar sehingga terjadi ketosis. Sehingga restriksi karbohidrat dan asupan energi rendah, menghasilkan benda keton yang digunakan sebagai sumber energi oleh sel normal. "Nutritional ketosis" berbeda dengan "Ketogenic"
Kapan diet keto digunakan ? Secara medis, pada epilepsi dan beberapa penyakit otak. Pada epilepsi anak menggunakan rasio lemak : karbohidrat= 3:1 atau 4:1. Perlu diingat, pada DM tipe 1, diet keto harus sangat hati-hati bila diterpakan.
Penurunan Berat Badan dengan Diet Keto ? Dapat menurunnkan berta badan lebih besar (3-6 bulan pertama) dibanding diet lain. Mungkin karen perubahan lemak menjadi kalori dibandingkan perubahan karbohidarat menjadi kalori. Juga dimungkinkan karena makanan tinggi lemak dan dan tinggi protein lebih menyebabkan rasa kenyang lebih lama sehingga menyebabkan makan lebih sedikit. Harus diingat bahwa hal-hal tersebut belum didukung bukti-bukti ilmiah yang cukup.
Keton dapat menekan lapar ? Beberapa penelitian penurunan rasa lapar ditemukan pada subyek dengan diet ketogenik rendah karbohidart dibanding diet rendah lemak (bukti-bukti ilmiah masih pro dan kontra terkait hal ini).
Diet Keto dan Penyakit Jantung ? Diet keto yan tinggi lemak, tergantung jenis lemak yang dikonsumsi. Bila lemak jenuh, dapat meningkatkan LDL. Namun, bila lemak jenuh tidak tunggal dan lemak tidak jenuh ganda maka meningkatkan HDL.
Efek Negatif Diet Keto untuk Penurunan Berat Badan ? Berat badan berkurang akibat diet keto, merupakan berat air yang ada di tubuh. Ketika tubuh memasuki kondisi ketosis, maka seseorang bisa kehilangan massa otot yang menimbulkan efek kelelahan. Pada fase ini, seseoran masuk ke fase kelaparan, maka orang itu cenderung sulit kehilangan berat badan. 
Diet Keto dan Efek Sampingnya ? Rasa lelah teutama ketika asupan energi yang masuk terlampau sedikit. Gejala flu, sulit konsentrasi, mual dan sulit tidur yang terjadi biasa pada minggu pertama diet ini dijalankan. Konstipasi terjadi kaena tidak mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup. Dapat pula terjadi efek kramp pada kaki dan nafas berbau keton. 

Untuk mengetahui webinar lainnya, bisa menghubungi : 
ICTEC (Indonesian Clinical Training & Education Center)-Instalasi Pelatihan & Simulasi Klinis
Cipto Mangunkusumo Hospital-Faculty of Medicine University of Indonesia
CMU 2 Building, 2nd Floor, Jalan Diopnegoro No.71, Jakarta 10430, Indonesia
T/F 02131931414 E: ictec.fkui.rscm@gmail.com
CP : ICTEC (08999260540)

                                              


Post a Comment

0 Comments