Advertisement

PART 2 : Ikut Bimbel Persiapan UKMPPD Apakah Jaminan Oneshot?


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bismillaahirrahmaanirrahiim

"Ikut Bimbel Persiapan UKMPPD Apakah Jaminan Oneshot?"

Menurut pengalaman saya waktu itu (Tahun 2016), saya mengikuti berbagai persiapan dalam menghadapi UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter". Di dalam UKMPPD ada 2 ujian yaitu CBT (Computer Based Test) dan OSCE (Objective Structured Clinical Examinaton).


Q= "Pernah ikut bimbel kampus?"  
A= "Pernah"
Pada saat itu wajib diikuti. Setiap hari selama 3 bulan sebelum hari H UKMPPD, ada bimbingan baik CBT maupun OSCE. Sebulan sebelum ujian, akan ada Tryout. Jika lulus passing grade, maka bisa melanjutkan langkah untuk didaftarkan kampus menjadi peserta UKMPPD.
Pengalama saya, bimbel kampus ini sangat membantu ketika CBT dikarena ruangan ujian dan perangkat komputer yang digunakan sama, saat ujian CBT hari H. Jadi mengurangi ketegangan saat pengoperasian perangkat komputer. Saat OSCE juga sangat menguntungkan karena "demam panggung"nya berkurang,  dikarenakan sudah familiar dengan ruangan saat ujian dan alat peraganya.


Q= "Pernah ikut bimbel offline?"
A= "Pernah"
Pada saat itu ikut bimbel (di luar bimbel kampus) yang bertemu dengan pengajar secara tatap muka (offline). Satu kelas terdiri dari 15-20 orang. Selama hampir 2 bulan, akan ada pembahasan materi terlebih dahulu. Lalu akan ada pembahasan soal-soal CBT. Tentu saja, ada tryout  berkala yang bisa menilai apakah sudah lulus passing grade apa belum. 
Waktu itu saya ikut bimbel offline yang CBT saja tanpa OSCE.
Pengalaman saya, ikut bimbel offline ini juga sangat membantu karena kumpulan soal CBT nya dihimpun dari bertahun tahun sebelumnya dan ada pembahasan singkat serta kata kunci yang bisa kita fahami untuk menjawab cepat. Mengingat ada 200 soal yang perlu dijawab dalam 200 menit. Otomatis 1 soal wajib <1 menit karena ada tombol next yang perlu di klik untuk soal selanjutnya. 

Q= Pernah ikut Bimbel online
A= Pernah
Empat tahun yang lalu sangat marak bimbel offline. Jarang sekali ada bimbel online. Mungkin beda dengan keadaan sekarang karena pandemi Covid-19, otomatis bimbel offline jadi diadakan secara online.
Pengalaman saya waktu itu, program bimbel ini diadakan selama 1 bulan di mana setiap hari mengerjakan soal online yang akan dibahas selama 1 jam saat sesi diskusi dengan pengajar. Semisal sesi disuksinya disepakati jam 20.00-21.00 WIB maka peserta bisa mengerjakan soal sampai sebelum jam 20.00 WIB. 
Pada bimbel online ini, sangat melatih kemampuan saat menghadapi CBT karena "mirip" mengerjakan soal-soal online yang dibatasi waktu,  seperti saat CBT seaungguhnya.


Q= "Pernah masuk study group ?"
 A= "Pernah"
Saat itu study group saya berisi 8 orang. Sangat bermanfaat untuk drill soal-soal yang kalau disusun bisa berjilid-jilid. Karena terkadang bisa chat grup bebas (via line saat itu yg sedang booming dinamding whatsapp) setiap saat jika ada soal sulit. Study group ini juga sangat bermanfaat untuk OSCE. Karena tentu saja saat OSCE perlu teman yang berperan sebagai probandus  sekaligus menilai apakah sudah sesuai checklist OSCE atau belum.

"Banyak ya persiapannya? "
Memang terlihat menguras tenaga, materi dan pikiran. Tetapi tergantung sudut pandang. Jika dirasa  sudah cukup belajar melalui bimbel kampus, tidak perlu ikut bimbel lain. Jika belum cukup, ikut bimbel lain juga tidak ada salahnya.
Kita harus jujur dengan diri sendiri, seberapa siap dan mampukah kita untuk menjalani proses ini. 
Paling utama adalah berdo'a, menjaga kesehatan dan pikiran agar selalu fresh selain tentunya berusaha dengan persiapan soal-soal CBT dan OSCE. Sesaat perlu juga "me time", agar tidak terpaku dengan ribuan latihan soal.

Pertanyaan ini berulang lagi:
"Ikut Bimbel Persiapan UKMPPD Apakah Jaminan Oneshot?
It depends on you. Seberapa siap untuk menilai "Anda siap" dan menilai "Anda mampu". Jika ikut bimbel Anda semakin percaya diri untuk mengerjakan CBT dan OSCE dengan tidak gugup, tentu saja akan meningkatkan peluang lulus one shot.
Selama ada kesempatan untuk mempersiapkan diri, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Ambil semua peluang dan berjuanglah dengan sebaik-baiknya.

Perlu kita ingat sesungguhnya, 
"Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha" 

Selanjutnya bisa membaca Part 3 : Pre, Pelaksanaan dan Post CBT UKMPPD (Release tanggal 6 Februari 2021 jam 20.00 WIB InsyaAllah)

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Salam semangat, 


dr. Fadhilah Az Zahro

Peserta UKMPPD

Batch 3 Tahun 2016


Untuk tahu lebih lanjut, klik link berwarna di bawah ini :

PART 1: Tips Lulus UKMPPD Oneshot 

Part 2 : Ikut Bimbel Persiapan UKMPPD Apakah Jaminan Oneshot?

Part 3 : Pre, Pelaksanaan dan Post CBT UKMPPD

Part 4: Pre, Pelaksanaan dan Post OSCE UKMPPD

Part 5: Menunggu Hasil UKMPPD

Post a Comment

0 Comments