Advertisement

Bedah Buku "Aku, Baby Blues Survivor" Karya dr. Fadhilah Az Zahro




Moderator Bedah Buku Edwrite:
Buku ini berkisah pengalaman pribadi penulis yang mengalami baby blues syndrome dengan judul Berjuang MengASIhi: "Aku, Baby Blues Survivor" (Perjalanan dalam berdamai dengan Baby Blues Syndrome). Buku ini berisi 20 bab yang membahas mulai dari pengalaman pribadi penulis maupun orang lain, bagaimana mencegah dan menghadapi serta cara berdamai dengan baby blues syndrome.
Setiap ibu ingin mengandung dan melahirkan buah cintanya dengan suka cita. Setiap ibu pula, ingin memberikan perawatan yang terbaik bagi bayinya termasuk dalam halnya menyusui sang buah hati. Menjadikan buku ini sebagai hadiah pernikahan bahkan hadiah ketika ibu saat hamil, maupun hadiah melahirkan menjadi langkah awal dalam pencegahan baby blues syndrome calon ibu. Bila Anda peduli, Anda akan tergerak untuk bisa menjadi agent of change agar bisa menurunkan angka kejadian baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan.

BIOGRAFI PENULIS
Penulis dengan nama Fadhilah Az Zahro merupakan dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Istri dari Bayu Rizky Aditya dan seorang ibu dari Nameera Syafiqoh Az Zahro. Penulis kelahiran Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 31 Maret 1992 ini merupakan seorang Konselor Menyusui dari pelatihan Konseling Menyusui Modul 40 Jam Standar WHO/ UNICEF/ KEMKES penyelenggara PERINASIA (2019). Penulis merupakan anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) 2019 hingga sekarang, PERINASIA (Perkumpulan Perinatologi Indonesia) 2019 hingga sekarang, IKMI (Ikatan Konselor Menyusui Indonesia) 2019 hingga sekarang.

Fadhilah Az Zahro:
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat malam semuanya 😊
Salam kenal, saya dr. Fadhilah Az Zahro
Alhamdulillah, sangat berbahagia karena malam ini bisa berjumpa dengan semuanya dalam acara bedah buku "Aku, Baby Blues Survivor"

Pertama-tama, saya akan menceritakan ide dan inspirasi saya kenapa menulis buku ini πŸ™πŸ˜Š
Saya ingin berbagi kisah terkait mengapa baby blues syndrome sempat singgah dalam hidup. Saya bersyukur menjadi ibu yang pernah mengalami baby blues syndrome. Saya bersyukur diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa melewati baby blues syndrome dengan baik dan tidak berlanjut menjadi postpartum depression ataupun psikosis postpartum. Saya beryukur karena pernah merasakan fase baby blues syndrome dalam hidup saya sehingga saya bisa menuliskan buku ini hingga dibaca oleh pembaca.
Buku ini sangat berarti khusus di hati saya. Dikarenakan buku ini InsyaAllah akan menjadi momen sejarah dalam hidup putri pertama saya, Nameera Syafiqoh Az Zahro. Berharap kelak ketika dia telah dewasa dan megerti dalam membaca, dia menyadari betapa ibunya berjuang dan tetap mencintainya. Bahkan jauh sebelum bertemu dengannya di dunia ini. Semoga keberkahan dari Allah selalu menyertai InsyaAllah.

Kemudian, keunggulan buku yang saya tulis ini sebenarnya apa? InsyaAllah ada 2 keunggulan
Pertama, Buku “Aku, Baby Blues Survivor ini memuat Bab 1 hingga Bab 20 yang terangkum menjadi:
Bab 1: Terkait kisah pengalaman penulis mengalami baby blues syndrome dari sebelum kehamilan, kehamilan, melahirkan, hingga proses perawatan bayi.
Bab 2: Kisah - kisah yang dimuat media tentang baby blues syndrome, ada yang bisa melewatinya, tetapi ada pula yang menyiksa anaknya bahkan bunuh diri dengan bayinya.
Bab 3: Penjelasan terkait apa itu baby blues syndrome dari segi medis. Mulai dari pengertian serta perbedaan baby blues syndrome dengan postpartum depression maupun psikosis postpartum.
Bab 4: Berisi penjelasan terkait gejala, pemicu, dan dampak dari baby blues syndrome.
Bab 5: Penjelasan terkait cara ibu mengenali gejala baby blues syndrome pada dirinya.
Bab 6: Cara lingkungan sekitar mengenali ibu yang mengalami baby blues syndrome.
Bab 7: Hal-hal yang harus dilakukan ketika ibu merasakan atau mengalami baby blues syndrome.
Bab 8: Tindakan yang harus dilakukan lingkungan sekitar ketika mendeteksi ibu mengalami baby blues syndrome.
Bab 9: Persiapan yang perlu diperhatikan dan dilakukan calon ibu dan lingkungan dekat calon ibu untuk mencegah baby blues syndrome sebelum kehamilan
Bab 10: Cara-cara yang perlu dipersiapkan dan dilakukan seorang ibu dan lingkungan dekat ibu selama kehamilan untuk mencegah baby blues syndrome
Bab 11: Persiapan ibu dan lingkungan dekat ibu setelah kelahiran bayi untuk mencegah baby blues syndrome.
Bab 12: Peran lingkungan sekitar ibu dalam mencegah baby blues syndrome sebelum kehamilan, selama kehamilan, dan setelah kehamilan.
Bab 13: Hubungan baby blues syndrome terhadap keberhasilan proses ibu menyusui bayinya.
Bab 14: MengASIhi dalam Islam yang berisi ayat-ayat Alquran maupun kisah-kisah dalam agama Islam dan hadis terkait menyusui.
Bab 15: Seputar kebijakan mengASIhi yang berisi peraturan-peraturan yang mengatur terkait ibu menyusui di Indonesia.
Bab 16: Pengalaman dan motivasi penulis dalam mengikuti pelatihan untuk menjadi konselor menyusui.
Bab 17: Peran konselor menyusui dalam mencegah baby blues syndrome. 
Bab 18: Cara mendeteksi dan penanganan medis baby blues syndrome ketika berlanjut menjadi postpartum depression maupun psikosis postpartum.
Bab 19: Pengalaman penulis lepas dari baby blues syndrome.
Bab 20: Kesimpulan terkait keseluruhan yang dibahas dari buku dan motivasi serta pengalaman pribadi penulis hingga menulis buku ini

Keunggulan yang kedua, sebelum buku diterbitkan, sudah dibaca dan diberi masukan oleh 3 ahli di bidangnya yaitu psikiater, dokter umum sekaligus konselor menyusui dan psikolog 😊
Testimoni Psikiater (Dokter Spesialis Kejiwaan)
"Baby blues bisa terjadi bagi semua wanita setelah melahirkan dengan faktor resiko yang ada. Tetapi keadaan itu bisa dicegah, dideteksi secara dini dan ditangani sehingga mencapai kesembuhan yang optimal. Penulis menyampaikan tentang baby blues yang dituangkan dalam buku ini dengan jelas berdasarkan kisah nyata yang dialami. Buku ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bahwa baby blues bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan bisa dihadapi dan diterapi dengan baik. Di mana dengan dukungan yang kuat dari orang-orang disekeliling bisa sebagai bentuk optimalisasi dalam terapi.
-dr. Eni Kusumawati SpKJ. M Kes, Psikiater
Testimoni Dokter Umum Sekaligus Konselor Menyusui dan Pendiri Lactashare
"Kisah nyata di buku ini, mengasah empati kita pada penderita baby blues syndrome. Dengan ulasan yang detail, memudahkan pembaca memahami bagaimana cara mudah deteksi dini jika gejala tersebut menimpa diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Buku ini menarik dan penuh manfaat dalam mempersiapkan mental menghadapi tantangan selama masa menyusui"
-dr. Meralda Nindyasti, Founder Lactashare-
Testimoni Psikolog
“Barakallahsaya ucapkan kepada penulis. Karya yang ditulis dengan motivasi yang baik agar baby blues bisa dicegah sedini mungkin atau diatasi sesegera mungkin. Penulis begitu detail menuliskan hal-hal yang bisa menjadikan kita perhatian sehingga kita lebih mudah untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk bunda atau calon bunda, buku ini dapat dibaca berbagai kalangan, baik sebagai suami, otangtua ataupun kita sebagai support system lainnya.
-Asiska Danim Indranata, M.Psi, Psikolog

Percayalah, akan ada masanya ketika kita bisa berkata, “Alhamdulillah, aku bisa melaluinya. Karena saat ini saya bisa berkisah dengan pembaca semua terkait pengalaman berjuang melawan baby blues syndrome, maka semakin saya bersyukur kala itu Allah SWT memberikan kekuatan untuk melewati ujian tersebut. Saya sangat berharap pembaca akan bisa semakin mengerti dan bahkan memahami ketika membaca buku ini selembar demi selembar, dari awal hingga akhir. Sehingga akan mendapatkan kesimpulan bahwa baby blues syndrome itu bukan hal sepele, tetapi perlu mendapatkan perhatian sangat serius.


Buku ini saya persembahkan kepada calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, ibu yang sedang hamil, ibu yang telah melahirkan, maupun para wanita yang bahkan belum menikah. Tidak ada kata terlambat untuk belajar atau pun terlalu awal untuk mempelajarinya. Anda harus membaca buku ini hingga tuntas. Percayalah, ketika Anda membacanya, saya berharap Anda tidak akan mengalami baby blues syndrome dikemudian hari. Namun, kalaupun ibu mengalaminya, paling tidak ibu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Perlu juga ibu ingat bahwa ibu tidak sendiri. Yakinlah pertolongan dari Allah Swt. itu ada.
Buku ini juga bagus dibaca oleh para suami, calon ayah bahkan calon suami karena akan sangat membantu jika menghadapi perjuangan untuk mencegah maupun menghadapi baby blues syndrome dalam kehidupan pendamping hidup Anda. Buku ini tentu saja dapat dibaca oleh orang-orang terdekat di sekitar lingkungan ibu sehingga dapat berperan dalam mencegah baby blues syndrome.

Yang menjadi catatan penting bahwa πŸ˜ŠπŸ™
Pembelian buku ini sekaligus menjadi amal Anda dalam donasi pada Lactashare, sebuah NGO (Non-Governmental Organization) yang bergerak pada donasi donor ASI dan rencana pendirian bank ASI pertama di Indonesia. Semoga pembaca bersedia membeli buku dan meluangkan waktu untuk membaca buku ini. Semoga bermanfaat InsyaAllah

Sedikit cerita, sebelum menerbitkan buku ini ada beberapa hal yang pernah saya lakukan terkait di dunia literasi
Saya senang menulis puisi, buku puisi yang diterbitkan diantaranya Antologi Puisi Terbang Dalam Deen Assalam sebuku dengan Nissa Sabyan & Para Penulis Indonesia (Sebuku, 2019). Buku berikutnya berjudul Bisikan Semesta berisi puisi penulis beserta Para Pemenang Lomba Cipta Tingkat Nasional Sideris Indonesia dan Lintang Indonesia Tahun 2019 (Yayasan Tasik Zona Barokah, 2019). Buku selanjutnya Goodbye Mine (Inkumedia, 2019) berisi puisi penulis dengan para Penulis Terpilih dalam Sayembara Cipta Puisi yang diadakan oleh Komunitas Suka Menulis (KONSUMEN) Tahun 2019.

Saya juga memiliki website pribadi www.drfadhilahazzahro.com terkait sharing-sharing dunia kedokteran dan instagram @drfadhilahazzahro.
Untuk korespondensi dengan saya bisa melalui e-mail dr.fadhilahazzahro@gmaill.com
Slogan yang sering saya angkat yaitu "Karena MengASIhi Memang Perlu Diperjuangkan". Sekarang saya sedang tahap menulis buku yang kedua untuk seri buku "Berjuang MengASIhi" selanjutnya bersama dengan dr. Meralda (founder Lactashare) terkait tema "Menjadi Ibu Donor ASI" . Semoga lancar, mohon do'a semuanya πŸ˜ŠπŸ™

Pengalaman menyelesaikan buku ini menjadi salah satu takdir yang sangat membuat saya bersyukur kepada Allah SWT
Sebenarnya setelah 1 tahun pasca mengalami baby bues syndrome, saya sangat ingin membagikan kisah ini ke orang lain. Tapi selalu berhenti pada draft yang tak kunjung selesai.
Alhamdulillah saya dipertemukan dengan program MMB 30 hari sehingga terwujudlah buku ini. Dalam program tersebut, Tim Edwrite Mentoring yang mengajari secara bertahap cara menulis dari dasar dan menjadikan kenyataan buku ini bisa tercetak.
Saya bersyukur pula memiliki keluarga dan pihak-pihak yang mendukung dalam penulisan buku ini sehingga buku ini dapat terwujud dan menjadi sejarah kepenulisan  dalam hidup ini. Buku ini sangat spesial karena bagi putriku, Nameera Syafiqoh Az Zahro. Tanpa buah cintaku ini, kisah dan buku ini tak akan pernah ada.

Sebagai penutup, sebelum sesi selanjutnya yaitu pertanyaan-pertanyaan.
Saya ingin menyampaikan bahwa bermimpilah dan tidaklah takut untuk menceritakan mimpimu pada orang lain, serta mintalah dia berdo'a untukmu. Karena kita tidak pernah tahu, Allah SWT akan mengabulkan do'a kita dari tangan siapa yang berdo'a untuk kebaikan kita

Semoga suatu saat saya diberikan kesempatan Allah SWT untuk bisa menulis buku lagi. Saya memiliki mimpi untuk bisa membuat seri Berjuang MengASIhi lainnya dan seterusnya bisa tetap menulis serta berbagi cerita kebaikan Semoga Allah SWT wujudkan, Aamiin yaa robbalalamiin.

Saya mohon maaf atas segala kesalahan baik tutur kata maupun kalimat yang mungkin kurang berkenan di hati.

Semoga buku ini tetap bisa menginspirasi dan menjadi pahala amal jariah yang terus mengalir bagi saya dan keluarga serta semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan buku ini. Semoga buku ini menjadi amal pemberat timbangan baik di akhirat kelak. Aamiin yaa robbalalamiin.

Terimakasih😊

Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

Terimakasih kak Sea Woelandary Bedah Buku dan Tim Edwrite yang telah memberikan kesempatan bedah buku "Aku, Baby Blues Survivor"

Bila ada pertanyaan/pemesanan bisa menghubungi saya langsung via telegram/ WA 085234253973

Sebagai penutup, ingin menyampaikan harapan dari penulisan buku ini πŸ˜ŠπŸ™

"Berharap dalam relung hati terdalam, ibu yang sedang mengalami sindrom ini pada akhirnya bisa pula berteriak dengan lantang, 'Aku, Baby Blues Survivor'" (dr. Fadhilah Az Zahro penulis buku "Aku, Baby Blues Survivor)

Terimakasih😊

Saya menjual Buku "Aku, Baby Blues Survivor" seharga Rp75.000. Dapatkan produk ini hanya di Shopee! https://shopee.co.id/tokosoewarnowedi/5615970769/

Post a Comment

0 Comments