Instagram Live: "Adakah Terapi Covid yang Lain?"

dr. Fadhilah Az Zahro, CIMI
By -
0


Sering kita dengar terapi plasma konvalesen, antibodi gammaras, interleukin, dan berbagai macam jenis yang masing2 memiliki dasar pemikiran untuk digunakan dalam terapi COVID, namun ada satu lagi yang jarang kita dengar yakni aaPRP, apa sih itu


*Activated autologous Platelet-Rich Plasma (aaPRP) merupakan terapi yang berasal dari darah pasien sendiri (autologus). Namun, sedikit berbeda dengan PRP yang banyak digunakan di bidang kecantikan, orthopedi & manajemen nyeri, aaPRP menghasilkan suatu konsentrat _growth factors_ & molekul bioaktif, dari proses mengaktivasi/memecahkan trombosit yang berasal dari darah pasien sebanyak 20-24 mL (sekitar 1,5 sendok makan).


Jadi, *bukan trombositnya* yang akan diberikan ke pasien, namun *isi yang terkandung di dalam trombosit* itulah yang dituju.


Mengapa? 


1. Sudah banyak riset menyatakan, *1 sel trombosit* kita mengandung lebih dari 1.000 jenis molekul bioaktif, growth factors, serta antimikroba. 

(Link referensi (1) disertakan di akhir artikel ini).


2. Dengan teknik aktivasi trombosit secara khusus, *aaPRP aman* untuk diinfuskan. Prinsip "do no harm" atau tidak mencelakakan pasien, menjadi dasar utama dari terapi autologus (berasal dari tubuh sendiri) seperti aaPRP ini.


Publikasi *tim Hayandra* berjudul "Evaluating the Safety of Intravenous Delivery of Autologous Activated Platelet-rich Plasma" pada 4.244 kasus dengan berbagai kondisi kesehatan, ada pada link berikut : https://www.jhsci.ba/ojs/index.php/jhsci/article/view/1276


Berpegang pada kedua teori di atas, di tahun 2020 *tim Hayandra* mengeluarkan hipotesis bahwa molekul bioaktif dalam *aaPRP mampu meredakan badai sitokin pada pasien COVID-19 secara aman*, sehingga dapat menjadi terapi pendamping bagi terapi lain yang sudah menjadi protokol standar nasional & internasional.


Nah zat apakah itu dan Bagaimana efektivitasnya dalam mengatasi COVID?


Bisa disimak nanti malam jam 20.00 malam WIB bersama DR. Dr. Karina, SpBP-RE (Biomed)  dan Dr. Jeff, Sp.PD 


.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

#terapiplasmakonvalesen #plasma

#lawancovid19 #beritacovid19 #positifcovid19 #penyakitdalam #paru  #infocovid #aaprp #infocovid19 #obatcovid #obatcorona #drjeffaloys #anak

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)