Advertisement

PART 1: Cara Memperpanjang Serkom dan STR Dokter Umum

 



PART 1: Cara Memperpanjang Serkom dan STR Dokter

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan cara memperpanjang SERKOM dan STR Dokter Umum.
Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa itu SERKOM? apa itu STR?

SERKOM DOKTER UMUM
Sertifikat kompetensi (SERKOM) adalah sertifikat yang dikeluarkan setelah TS lulus uji kompetensi (UKMPPD-CBT dan OSCE). Yang perlu diperhatikan dari lembaran sekom ini adalah, tanggal terbit serkom dan tanggal expired serkom.
Tanggal terbit serkom penting, karena input kegiatan pada P2KB (ranah A, B,C, D) di idionline.org, berlaku setelah tanggal terbit serkom hingga berahirnya tanggalserkom.
Tanggal expired serkom penting diperhatikan karena berhubungan dengan syarat perpanjangan STR definitif selanjutnya. Hal ini menjadi alasan saya menulis artikel ini. Karena terdapat perbedaan jarak cukup jauh antara expired serkom dan expired STR apabila ada hal seperti penundaan internship dokter.

STR DOKTER UMUM
Surat Tanda Registrasi (STR) definitif dokter umum adalah surat yang dikeluarkan ketika TS sudah menyelesaikan Internship. Apa beda STR internship dan STR definitif?
STR Internship : STR yang dikeluarkan sebelum TS memilih wahana internship. Perbedaan mendasar dari STR definitif adalah, pada STR Internship pada masa berlaku tertulis : "Sampai selesai melaksanakan internship". STR internship berguna untuk pengurusan SIP Internship yang berlaku untuk 2 tempat yaitu di puskesmas dan RS wahana internship.
STR Dokter Umum (Definitif): STR yang terbit setelah TS menyelesaikan Internship selama 1 tahun (4 bulan di puskesmas, 8 bulan di RS). Pada STR definitif, akan tertulis masa berlaku : 5 tahun setelah STR terbit. STR definitif berlaku untuk persyaratan pengurusan SIP (Lihat artikel cara mengurus SIP Dokter Umum).

Yang berhak menerbitkan SERKOM dan STR adalah KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) dengan bantuan IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Jadi, TS perlu mendaftar sebagai anggota dari IDI, sesuai IDI Cabang pilihan TS. Sehingga TS bisa terdeteksi menjadi anggota IDI resmi. Bisa dicek di idionline.org/direktori-anggota

Kenapa harus menjadi anggota IDI? 
Melalui IDI cabang, pengurusan perpanjangan serkom dapat diproses dan selanjutnya serkom baru tersebut untuk perpanjangan STR baru. (Lihat Artikel Cara Menjadi Anggota IDI).



Semoga TS sehat dan sukses selalu
-dr. Fadhilah Az Zahro-

Post a Comment

0 Comments