Advertisement

Pre-Internsip Dokter PART 2 : Gagal Pemilihan Wahana Internsip Regional ?

Pre-Internsip Dokter PART 2 : Gagal Pemilihan Wahana Internsip Regional ? 

Akhirnya, sampai juga di hari kedua yaitu pemilihan Regional, karena memang sebelumnya kami tidak memilih pada pemilihan Lokal. Dikarenakan tempat pilihan yang terlampau jauh dari domisili tempat tinggal. 
 Pada pemilihan Regional kuota yang tersedia yaitu 20%
    a. 20 Oktober 2017
        Jam 09.00-14.00 WIB (Cluster -1)
        Semua Provinsi di Pulau Sumatera
    b. 23 Oktober 2017
        Jam 09.00-14.00 WIB (Cluster-2)
        Semua Provinsi di Pulau Jawa, NTB, NTT, Bali, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Gorontalo.
Saya mencoba peruntungan pada pemilihan Regional pada tanggal 23 Oktober 2017 jam 09.00-14.00 WIB (Cluster-2). Saya tetap berpegang teguh pada trik saya yang pertama, (silahkan baca PART 1) Pilihan prioritas saya tetap di Provinsi DI Yogyakarta dengan urutan prioritas berdasarkan jarak wahana dengan tempat tinggal saya.

Baiklah, akhirnya pada hari ke 2 pemilihan Regional akhirnya kami putuskan tempat untuk mengakses server IDI yaitu pada indihome rumah yang berkapasitas 10Mbps. Bismillah, tetap harus berusaha. Langkah pertama, kami minta semua user yang ada dirumah untuk tidak mengakses internet via wifi yang tersambung dengan Indihome. Dan sebagai trik yang kedua saya hanya menggunakan laptop yang memiliki kapasitas RAM yang paling tinggi, sehingga proses akses data bisa lebih seimbang.

Jasa Layanan Akses Internet yang kami gunakan 
Pada saat pemilihan Regional tersebut, terdapat pengumuman bahwa terjadi perubahan jumlah peserta PIDI yang akan diterima pada wahana Provinsi Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Gorontalo. Namun, tetap pilihan saya ada di Provinsi DI Yogyakarta, dengan pilihan prioritas sesuai jarak, maka saya urutkan sebagai berikut : 
1. RS Bhayangkara POLDA DIY 
2. RS Islam Yogyakarta PDHI
3. RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito
4. RS Rajawali Citra
5. RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta
6. Rumkit DKT Dr. Soetarto/Tk.III Yogyakarta 
7. RSUD Kota Yogyakarta/RSUD Wirosaban

8. RSUD Wates

Langkah awal yang kami lakukan adalah mempersiapkan layar laptop sudah dalam posisi siap log in di situs http://www.internsip.kemkes.go.id/. Sebelum jam 9 kami sudah siap berjuang. Posisi kursor sudah kami arahkan untuk mendaftar pilihan wahana yang ada. Tepat pukul 09.00 pagi, saya coba log in dan .... layar hanya berputar-putar tidak bisa masuk kepada link pemilihan wahana. Sangat susah masuk, ketika berhasil log in dan melihat pilihan wahana yang tersisa ternyata .... wahana di Yogyakarta sudah SOLD OUT semuanya. Sedih sekali

Hati dan fikiran mulai galau dan berkecamuk. Mulai muncul berbagai bisikan-bisikan negatif "Apa memang bukan jodohnya di Yogya ya?" "Apa harus nunda lagi Internship sampai Februari 2018?" "Tapi pilihan wahana Februari semakin tambah jauh dari tempat tinggal." 

Akhirnya, saya teringat dengan salah pengalaman dari teman sejawat dokter yang pernah saya baca, bahwa kecepatan internet sangat berpengaruh terhadap akses kita semua masuk ke dalam server IDI dan memilih wahana yang kita idamkan. Akhirnya saya ceritakan sebuah ide ke ibu saya dan beliau memberikan tanggapan yang sangat positif. Beliau menyarankan satu tempat yang insyaAllah saya bisa dapatkan akses internet yang SUPER CEPAT dan komputer berkualitas RAM yang TINGGI.

Dimanakah tempat yang disarankan itu?? Next...PART 3

Bagian sebelumnya : 


PartUtama Pembukaan : Tips dan Trik Pemilihan Intership Dokter
Part 1 : Pemilihan Internship Lokal
Part 2 : Pemilihan Internship Regional
Part 3 : Pemilihan Internship Nasional

Post a Comment

0 Comments