Advertisement

Pre-Internsip Dokter PART 1 : Gagal Pemilihan Wahana Internsip Lokal ?

Pre-Internsip Dokter PART 1 : Gagal Pemilihan Wahana Internship Lokal?

Saya merupakan dokter lulusan Oktober tahun 2016, yang berarti untuk bisa berangkat menjadi PIDI (Peserta Internsip Dokter Indonesia) Angkatan ke II (Februari) tahun 2017, namun karena saya mengalami Abortus Imminens, akhirnya saya menunda hingga bayi saya lahir. Kesempatan datang lagi, untuk ikut pemilihan PIDI Angkatan ke III (Agustus) 2017, tapi saya urungkan karena saya baru saja post partum, dan masih harus menga-ASI-hi putri saya tercinta, Nameera.
Akhirnya kesempatan itu datang lagi, yaitu PIDI angkatan ke IV (November) Tahun 2017. Dikarenakan pada waktu itu saya posisi mempunyai bayi yang sedang dalam proses menuju ASI ekslusif 6 bulan, mau tidak mau, untuk memenuhi hak anak saya, saya harus berfikir keras untuk mendapatkan tempat wahana yang sedekat mungkin dengan tempat tinggal saya (Klaten, Jawa Tengah).

Trik pertama yang perlu sejawat semua tahu, yaitu buatlah LIST WAHANA yang anda idamkan. Perhatikan dimana lokasinya dan berapa kuota yang disediakan. Saat itu yang menjadi pilihan wahana saya adalah yang berada di Provinsi D.I Yogyakarta, dengan pilihan wahana cukup banyak yaitu:

1) RS Bhayangkara POLDA DIY
2) RS Islam Yogyakarta PDHI
3) RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito
4) RS Rajawali Citra
5) RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta
6) Rumkit DKT Dr. Soetarto/Tk.III Yogyakarta 
7) RSUD Kota Yogyakarta/RSUD Wirosaban
8) RSUD Wates

Saat itu, pemilihan dibagi ke dalam 3 bagian yaitu pemilihan Lokal, Regional dan Nasional :

1. Pada pemilihan Lokal, tersedia kuota sebanyak 60%
    a. 18 Oktober 2017
        Jam 09.00-11.00 WIB (Cluster-1 Sesi Pertama)
        Semua Provinsi di Pulau Kalimantan, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku serta Papua.
    b. 18 Oktober 2017
        Jam 13.00-15.00 WIB (Cluster-1 Sesi Kedua)
        Semua Provinsi di Pulau Sumatera
    c. 19 Oktober 2017
         Jam 09.00-11.00 WIB (Cluster-2 Sesi Pertama)
         Provinsi Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.
    d. 19 Oktober 2017
         Jam 13.00-15.00 WIB  (Cluster-2 Sesi Kedua)
         Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat

2. Pada pemilihan Regional, tersedia kuota sebanyak 20%
    a. 20 Oktober 2017
        Jam 09.00-14.00 WIB (Cluster -1)
        Semua Provinsi di Pulau Sumatera
    b. 23 Oktober 2017
        Jam 09.00-14.00 WIB (Cluster-2)
        Semua Provinsi di Pulau Jawa, NTB, NTT, Bali, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan         Gorontalo

3. Pada pemilihan Nasional, tersedia kuota sebanyak 20%
    a. 24 Oktober 2017
        Jam 09.00-14.00 WIB
        Semua Provinsi

Pengalaman memilih wahana itu seperti jodoh, "Kalau belum jodoh, ya bakal gak dapet". Tapi untuk lebih cepat berjodoh, maka tetap harus diusahakan untuk mendapatkannya. 
Pada pemilihan lokal pada tanggal 19 Oktober 2017 jam 09.00-11.00 WIB (Cluster 2-Sesi Pertama) dengan kuota 60%, saya mencoba untuk berlatih bagaimana cara log in, tapi saya putuskan untuk tidak memilih karena memang saya tidak akan memilih pada pilihan lokal. Karena pilihan wahana yang sudah saya list hanya bisa di pilih pada saat jadwal pilihan Regional / Nasional terbuka. Hal itu karena saya berasal dari universitas di daerah Jawa Timur, sehingga pilihan wahana yang terbuka pada pemilihan lokal hanya wahana yang tersedia di Jawa Timur.

Pada saat pemilihan Lokal, saya beserta suami dan adek saya mencoba pergi ke area yang kira-kira punya kecepatan tinggi. Pilihan kami jatuh di Telkomsel Wifi Corner yang ada di Kota Klaten. Untuk bisa mengakses internet ditempat tersebut, sejawat hanya perlu membeli kartu login yang disediakan disana. Seingat saya, untuk bisa mengakses internet selama 1 jam harga kartunya sekitar Rp5.000,- pada waktu itu.
Wifi Corner di Kota Klaten
Memang terpampang bahwa kecepatan yang tersedia adalah 100 Mbps. Kami sangat tertarik dengan iklan tersebut. Sehingga kami putuskan untuk mencoba mengakses internet dan melihat pilihan wahana di spot tersebut. Sebelum jam 9 pagi atau waktu untuk log in di server kami sudah berada disana. Jam 9 lewat dan kami masih mencoba untuk memasuki server IDI, namun sama sekali tidak mampu untuk masuk untuk melihat pilihan wahana yang ada. Salah satu trik yang kami coba lakukan adalah dengan membawa 3 laptop yang kesemuanya mencoba untuk log in di server ini, tapi sama sekali tidak ada yang mampu untuk masuk ke dalamnya. Sekitar 1 jam lebih kami mencoba, namun tidak berhasil. Untuk melihat halaman pemilihan wahana saja sangat sulit, dan kekebanyakan wahana favorit Lokal, sudah SOLD OUT. Ternyata, kecepatan 100Mps tersebut akan dibagi sesuai dengan user yang ada pada saat itu. Padahal pagi itu hanya ada sekitar 8-9 orang yang sedang mengakses internet ditempat tersebut.

Komentarnya : Mengerikan ! Akhirnya kami bersepakat untuk mencari tempat lain. Sekilas info, di rumah berlangganan internet kabel wifi indihome, kita coba untuk nego ke pihak telkomsel, untuk menaikkan kecepatan dari 10Mbps ke 100Mbp. Ternyata, tidak semudah itu. Karena bila kita ingin menaikkan kecepatan indihome, selain memerlukan waktu sekitar 1-3 hari, dari pihak telkomsel tidak bisa menjanjikan secepat dan sesuai keinginan kami.

Kami pulang kerumah dengan kepala tertunduk, bahwa untuk pemilihan lokal, kami GAGAL. Namun ada satu pelajaran penting yang kami dapatkan, yaitu untuk dapat masuk ke server IDI dan mencari pilihan wahana maka koneksi internet harus cepat luar biasa. Kami putuskan untuk gambling pada keesokan harinya, yaitu mencoba pada pemilihan Regional.

Keesokan harinya, yaitu pada pemilihan Regional, kami memutuskan untuk mengakses internet pada.... Next PART 2

Bagian sebelumnya :


PartUtama Pembukaan : Tips dan Trik Pemilihan Intership Dokter
Part 1 : Pemilihan Internship Lokal
Part 2 : Pemilihan Internship Regional
Part 3 : Pemilihan Internship Nasional

KLIK DISINI:
Halaman Utama Web Ini (www.drfadhilahazzahro.com)
Postingan Terbaru (Recent Post)
Info Pendaftaran Hiperkes dan Keselamatan Kerja (K3) Tahun 2020
Info Pelatihan ATLS Tahun 2020
Info Webinar COVID-19
Info Free Webinar Kedokteran
Info Free Webinar Ber-SKP IDI
Info Cara Mendapatkan SKP IDI Gratis
Info Sukses Memilih Wahan Internship
Info Mengurus STR SIP Post Internship

Post a Comment

0 Comments