Advertisement

Pre-Internsip Dokter PART 3 : Jodohku Pemilihan Wahana Internsip Nasional

Pre-Internsip Dokter PART 3 : Jodohku Pemilihan Internsip Nasional


Teman-teman Sejawat Internsip di RS Bhayangkara Yogyakarta tahun 2017

Akhirnya, tibalah hari terakhir kesempatan untuk memilih wahana, terakhir pada tanggal 24 Oktober 2017 jam 09.00-14.00 WIB (SEMUA PROVINSI). Membayangkan kalimat SEMUA PROVINSI dan hanya tersedia kuota 20%, berarti dari semua dokter yang berasal dari sabang sampai merauke saling berebut tempat wahana yang tinggal 1-3 kuota saja dalam waktu 2 jam. Kondisi ini sebenarnya membuat nyali ciut saya ciut. Namun, seperti yang telah saya sampaikan di awal, jika memang jodoh, maka pemilihan Nasional bisa jadi tempat saya menemukan jalan yang terbaik untuk karir saya.

Berdasarkan saran dari ibu saya terkait sebuah tempat yang bisa menyediakan akses internet yang SUPER CEPAT dan komputer berkualitas RAM yang TINGGI, maka kami menuju sebuah tempat di dekat rumah. Berbekal trik-trik yang sudah saya jelaskan sebelumnya (baca PART 1 & PART 2), saya dan suami berangkat menuju ke sebuah Warnet (Warung Internet) GAMING di dekat rumah kami. Sebagaimana Warnet Gaming pada umumnya, mereka menyediakan akses internet hingga 100 Mbps, namun tentunya sudah terbagi ke beberapa komputer yang ada di Warnet tersebut.

Sebagaimana yang saya ceritakan pada part sebelumnya, warnet tersebut kami SEWA FULL selama masa pendaftaran wahana Internsip. Sebagai Trik ketiga, warnet tersebut kami sewa secara private, dan kami meminta secara khusus 3 (tiga) hal, yaitu: 1) Jangan terima pengunjung lain pada jam tersebut, 2) Gunakan komputer Server dan 3) Kembalikan kuota akses internet yang telah dibagi ke dalam beberapa komputer tamu. Akhirnya, WOOOWWWWWW, MASHA ALLAH, sebelum jam pembukaan, kami sempat melakukan speedtest akses internet setelah melakukan permintaan 2 dan 3 tadi, dan hasilnya luar biasa, kecepatan downloadnya hampir mencapai 100 Mbps dan uploadnya sekitar 15 Mbps (kalau tidak salah).

Saat itu, saya serahkan kepada suami yang memegang mouse, karena saya sudah tidak sanggup untuk mengklik, takut tremor dan salah pilih. Berdasarkan trik pertama, saya sudah mantapkan pilihan saya, prioritas berdasarkan jarak tempuh dari domisili, maka diurutkan seperti berikut :

1. RS Bhayangkara POLDA DIY
2. RS Islam Yogyakarat PDHI
3. RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito
4. RS Rajawali Citra
5. RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta
6. Rumkit DKT Dr. Soetarto/Tk. IIII Yogyakarta
7. RSUD Kota Yogyakarta /RSUD Wirosaban
8. RSUD Wates 

Akhirnya, pada saat jam 09.00, dan server terbuka, LUAR BIASA, tidak sampai 5 menit, kami bisa log in, kemudain menuju halaman pemilihan sekitar 10 menitan. (Tipsnya adalah, cukup klik 1x, no refresh ya. Keculai server time out, langsung refresh lagi. Hal ini seperti sebuah antrian, jika anda selalu menekan tombol refresh, maka anda akan terlempar ke urutan terakhir dan memulai lagi dari awal.) 
Lanjut, Pada saat halaman pemilihan wahana terbuka pertama kali, wahana idaman yang berada di Yogyakarta masih sangat lengkap, tapi tiba-tiba, jadi server time out. I don't know. Kemudian bismillah, kami coba lagi untuk menuju halaman itu, bisa. Dilihat sekilas, RS PDHI sudah Sold Out, kemudain cepat-cepat memilih RS Bhayangkara POLDA DIY. Sempat ragu karena layar masih loading. Kemudian, beberapa detik kemudian, berubah menjadi halaman Pakta Integritas. Masya Allah, kami girang gembira luar biasa. RS Bhayangkara POLDA DIY yang merupakan wahana idaman nomor urut 1 dalam rencana saya, akhirnya berhasil di dapatkan.

Bayangkan sejawat sekalian, pemilihan lokal dan Regional saya gagal total, namun berhasil di pemilihan Nasional yang pesertanya saat itu adalah seluruh dokter yang gagal di pemillihan lokal dan regional. Ini yang saya katakan sebelumnya, kalau memang jodoh, dalam kondisi apapun pasti akan dipertemukan, asalkan kita ada niat untuk terus berusaha maksimal.

Pada sesi akhir, kita diharuskan untuk menandatangani pakta integritas di atas materai Rp 6.000,-, kemudian pakta integritas ini harus diunggah (upload) sesuai dengan jadwal yang tercantum. Jika proses ini tidak dilakukan, maka kalian akan dianggap "mengundurkan diri". Pakta integritas yang telah di tanda-tangani merupakan dasar legalitas penugasan setiap peserta internsip dan dinyatakan siap berangkat untuk menjalani internsip selama masa tugas.

Pengalaman saya sebelum memulai Internsip pada Februari 2017, kami diminta untuk membuka tabungan di Bank BRI . Ternyata, BBH (Biaya Bantuan Hidup) bagi seluruh peserta PIDI menggunakan rekening Bank BNI yang didaftarkan saat pembekalan Internsip. 

Penting untuk diingat, kita juga harus punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Segera saja, bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta Internsip, sudah mempersiapkan hal ini dari jauh-jauh hari untuk mengurus NPWP di Kantor Pajak Setempat. Karena NPWP ini akan menjadi salah satu syarat pada pembukaan rekening bank BNI. 

Kesimpulan yang bisa diambil adalah : 
1. Segala sesuatunya adalah takdir Allah SWT, namun kita tetap harus mengusahakan takdir tersebut agar dapat kita raih
2. Minta do`a restu orang tua dan bagi yang sudah berkeluarga, jangan lupa minta do`a restu dari pasangannya.
3. Tetap ikhtiar semaksimal mungkin seperti memperhatikan setiap ketentuan yang diumumkan di web www.internsip.kemkes.go.id
4. Kalau Anda gagal pemilihan lokal, masih ada kesempatan pemilihan regional. Kalau Anda gagal pemilihan regional, masih ada pemilihan Nasional. Kalau Anda memutuskan tidak memilih pada periode tersebut, bisa jadi jodoh Anda pada PIDI Periode selanjutnya.
5. Tenang saja, sesuatu yang tidak mungkin, akan jadi mungkin InsyaAllah atas izin Nya dan ikhtiar maksimal kita sebagai manusia. Semua rezeki Allah SWT yang mengatur, termasuk di mana tempat kita Internsip. Yang terpenting, semua proses yang dilakukan sebisa mungkin baik dan tidak berbuat curang.

Untuk Anda yang mendapat pilihan utama, bersyukurlah. Tidak setiap orang "jalannya mudah" seperti Anda. Kalau Anda mendapatkan pilihan kedua, ketiga keempat dst, percayalah, Allah lebih tahu yang terbaik bagi kita. Bagi Anda yang memutuskan untuk tidak memilih pada periode ini, tetap percayalah pada Allah yang Maha Mentakdirkan karena bisa jadi periode selanjutnya, Anda akan dipertemukan dengan sesuatu kebaikan didalamnya.

Semoga bermanfaat, bismillah. Semangat selalu :) 

Jangan lupa, untuk terus update di web, terkait ketentuan pemberangkatan, jadwal pemberangkatan dan pembekalan serta format SPPD.

Bagian sebelumnya :


PartUtama Pembukaan : Tips dan Trik Pemilihan Intership Dokter
Part 1 : Pemilihan Internship Lokal
Part 2 : Pemilihan Internship Regional
Part 3 : Pemilihan Internship Nasional

Post a Comment

2 Comments

  1. Masya Alloh merinding dan terharu dok. Saya juga seorang ibu dan baru akan internsip. Saat lagi nyari tips dan trik saya nemu blog dokter. Walopun sudah lewat 1 tahun tapi masih relate sekali. Terimakasih atas postingannya ��

    ReplyDelete
  2. boleh minta review tentiran rsud bhayangkara jogja dok? terimakasih

    ReplyDelete